Rabu, 08 April 2009

Bang Bing Bung Yok Kita Nabung =)

I will give you some advice, how to keep your money for a few weeks. Hahai.. Gue tau banyak orang yang nggak bisa nabung karena mereka itu sangat amat boros. Yang nggak perlu dibeli jadi dibeli, yang nggak penting jadi penting banget. Pokoknya kalo kita dikasih duit 1 milyar pun pasti bakalan abis dalam waktu singkat. Itu semua terjadi karena kita sangat boros dan tidak bisa mengontrol keuangan. Banyak orang yang kepengen ini itu tapi nggak mampu beli, makanya nabung dong, jangan ngemis ama orang tua apalagi ama pacar.
Tips biar bisa menabung, khususnya buat anak sekolahan kayak Gue. Kalo misalnya lo mau nabung untuk membeli sesuatu, lo harus irit-irit duit jajan. Misalnya kayak Gue, uang jajan Gue itu 10 ribu per hari. Jadi, Gue nabung 10 ribu per hari juga karena dikejar dead line buat beli sesuatu. Terus Gue nggak makan dong? Ya iya lah. Kalo udah tau mau puasa di sekolah, kita diharuskan makan nasi sebakul pas sarapan, dijamin dah ampe pulang pun masih berasa, tuh rasa enek gara-gara kekenyangan. Tetapi, bagi yang mau nabung plus diet, mendingan sarapan sedikit aja di rumah terus nggak usah makan di sekolah, bawa air putih aja. Sehat kan? Temen-temen pada bawa lontong sayur, ayam setan, rantang 3 jenis makanan, tapi lo cuma bawa satu botol air putih. Udah sehat, praktis, bikin kurus, duit bertambah lagi! Sekali menyelam 2 pulau terlampaui. Mantap..
Nah, bagi yang mau menabung tanpa tujuan tertentu, itu gampang banget. Sisihkan uang 50% dari uang jajan kita semula. Misalnya kayak Gue. Uang jajan Gue 10 ribu per hari kalo gue sisihin 50% berarti Gue sisihin 5 ribu buat ditabung. Kalo kita membiasakan hidup seperti itu, maka kita akan merasakan nikmatnya nanti. Kayak Gue (kok contohnya Gue mulu ya?) waktu Gue lagi ke rumah temen Gue buat latihan menari ngalor ngidul, duit Gue pas-pasan banget. Gue was-was, soalnya Gue belum pernah ke rumah temen Gue yang itu sebelumnya, udah mana rumahnya jauh dari rumah Gue, otomatis biaya angkotnya mahal. Gue cuma megang duit sekitar seribu rupiah. Huu.. sedih sekali. Waktu temen-temen Gue lagi pada jajan, Gue cuma diem ngeliatin mereka. Ada yang pada beli pop ice coklat, melon dan lain-lain (kasian ya, beli pop ice aja Gue nggak mampu), akhirnya Gue ambil aja agenda Gue di tas, Gue mau nulis jadwal acara TV kesukaan Gue. Pas Gue buka agenda Gue, ternyata Gue baru inget kalo Gue sering nyimpen duit di dompet yang ada di halaman belakang agenda dan tengdeng! ADA! Senangnya, Gue bisa ikutan jajan terus nggak was-was deh mikirin gimana caranya naik angkot tapi bayarnya setengah harga. Nah, itulah cerita pendek keuntungan dari menabung.
Satu lagi tips supaya kita bisa mengelola uang dengan baik sehingga kita bisa menabung walaupun hanya 20% dari uang jajan. Kita sebagai mahkluk ekonomi harus memilih-milih barang yang paling bagus tapi harganya murah. Kita nggak boleh asal beli barang tanpa memikirkan perbandingan harga barang dan fungsi dari barang itu sendiri. Kalo harga barangnya mahal tapi fungsinya sedikit, untuk apa kita beli. Misalnya kayak Gue, Gue suka banget sama yang namanya keripik singkong pedas. Di sekolah Gue jual, tuh keripik singkong pedas yang Gue suka, tapi harganya mahal banget, 1 kantong kecil 1500 rupiah, beuhh.. di warung paling cuma 1000 rupiah, mungkin ada yang 500 rupiah. So, untuk apa Gue beli, mendingan Gue beli yang lain aja, deh. Dari contoh diatas, mata kita yang tadinya tertutup akan pentingnya menabung dan berhemat pasti sudah terbuka.
Jadi, biasakanlah menabung dan berhemat. Demi masa depan kita. Menabung Pangkal Kaya, Berhemat Pangkal Kaya, Pelit juga Pangkal Kaya (pelit sama sesuatu yang mahal, tetapi nggak sebanding sama fungsi atau manfaatnya).

2 komentar:

Devina Janice mengatakan...

waduhh.. maksudnya?

Anonim mengatakan...

hehe...
itu illegal advertising...
alias that is what they call "SPAM"
:)