Minggu, 12 April 2009

MALAS!

Dini hari pukul berapa lah saya tidak peduli, mencoba untuk pertama kalinya menulis note di fesbuk. :)
Agak bingung juga ya mau nulis apa, karena saya agak malas untuk berpikir. Ya. Malas. Kemalasan telah menyelimuti pikiran saya sehingga saya malas untuk berpikir, 'Apa yang harus saya tulis untuk mengisi note ini?' hmm.. sampai sekarang, 15 tahun saya hidup di dunia, saya masih belum menemukan obat untuk menyembuhkan penyakit ganas ini yang dapat membunuh masa depan setiap manusia.
Sambil mendengarkan lagu dari Paramore yang berjudul Crushcrushcrush, saya akan melawan kemalasan saya dengan mencoba untuk berpikir kalimat-kalimat tidak menjemukan apalagi yang harus saya goreskan disini. Hmm.. Mungkin saya bisa mengisi note ini dengan menjelaskan sedikit tentang 3 kata yang dapat membantu setiap manusia normal dalam melawan kemalasan yaitu, motivasi, kemauan dan terdesak.
Pertama adalah motivasi. Motivasi dapat membantu saya dalam melawan kemalasan karena, sesungguhnya motivasi dari sumber terpercaya manapun dapat membawa energi positif ke dalam diri kita sehingga diri kita dengan tidak sadar atau sadar dapat melawan kemalasan. Tetapi, motivasi ini hanya berlaku 24 jam bagi saya untuk melawan kemalasan, untuk 24 jam selanjutnya motivasi ini sudah expired bagi saya, hahaha.. :D
Kedua adalah kemauan. Kemauan dari lubuk hati terdalam dapat membantu saya dalam melawan kemalasan sebanyak 88%. Amazing! Bagi saya kemauan untuk melawan malas ini sangat berhubungan erat dengan mood saya. Apabila mood saya bagus, maka kadar kemauan saya untuk melawan kemalasan pun akan meningkat. Satu lagi yang hampir terlupakan, kemauan ini juga berhubungan erat sekali dengan motivasi. Apabila ada motivasi dari seseorang atau sumber manapun, maka kemauan akan muncul dari dalam diri karena adanya pancingan dari sang motivator yang telah mengkaruniai motivasi.
Terakhir adalah terdesak. Ya. Jelaaaas. Apabila kita didesak untuk mengerjakan sesuatu dan terdesak untuk melakukan sesuatu, maka pasti lah mau tidak mau, suka tidak suka, ikhlas tidak ikhlas, kita dengan sendirinya melawan kemalasan itu karena adanya partikel-partikel desakan yang mendesak kita dan akhirnya kita pun menjadi terdesak untuk melakukan atau mengerjakan atau menyelesaikan sesuatu yang pastinya apabila tidak terdesak kita sangat malas untuk mengerjekan atau menyelesaikan sesuatu yang entah penting atau tidak penting tersebut. Satu contoh yang mungkin bisa menggambarkan hubungan kata terdesak dalam melawan kemalasan yaitu misalnya, terdesak untuk mengerjakan karya tulis karena guru Bahasa Indonesia kita amat sangat jahat dan waktu yang diberikan untuk menyelesaikan karya tulis itu sedikit sekali sehingga membuat kita semakin merasa terdesak.
Yap! Mungkin hanya itu yang bisa saya tumpahkan di note ini, mohon maaf apabila ada kesalahan dalam penggoresan atau apa sajalah. Mohon maklum, this is the first time i write 'something' in this note.


*based on notes in my Facebook janice_xxi@yahoo.com

Rabu, 08 April 2009

Bang Bing Bung Yok Kita Nabung =)

I will give you some advice, how to keep your money for a few weeks. Hahai.. Gue tau banyak orang yang nggak bisa nabung karena mereka itu sangat amat boros. Yang nggak perlu dibeli jadi dibeli, yang nggak penting jadi penting banget. Pokoknya kalo kita dikasih duit 1 milyar pun pasti bakalan abis dalam waktu singkat. Itu semua terjadi karena kita sangat boros dan tidak bisa mengontrol keuangan. Banyak orang yang kepengen ini itu tapi nggak mampu beli, makanya nabung dong, jangan ngemis ama orang tua apalagi ama pacar.
Tips biar bisa menabung, khususnya buat anak sekolahan kayak Gue. Kalo misalnya lo mau nabung untuk membeli sesuatu, lo harus irit-irit duit jajan. Misalnya kayak Gue, uang jajan Gue itu 10 ribu per hari. Jadi, Gue nabung 10 ribu per hari juga karena dikejar dead line buat beli sesuatu. Terus Gue nggak makan dong? Ya iya lah. Kalo udah tau mau puasa di sekolah, kita diharuskan makan nasi sebakul pas sarapan, dijamin dah ampe pulang pun masih berasa, tuh rasa enek gara-gara kekenyangan. Tetapi, bagi yang mau nabung plus diet, mendingan sarapan sedikit aja di rumah terus nggak usah makan di sekolah, bawa air putih aja. Sehat kan? Temen-temen pada bawa lontong sayur, ayam setan, rantang 3 jenis makanan, tapi lo cuma bawa satu botol air putih. Udah sehat, praktis, bikin kurus, duit bertambah lagi! Sekali menyelam 2 pulau terlampaui. Mantap..
Nah, bagi yang mau menabung tanpa tujuan tertentu, itu gampang banget. Sisihkan uang 50% dari uang jajan kita semula. Misalnya kayak Gue. Uang jajan Gue 10 ribu per hari kalo gue sisihin 50% berarti Gue sisihin 5 ribu buat ditabung. Kalo kita membiasakan hidup seperti itu, maka kita akan merasakan nikmatnya nanti. Kayak Gue (kok contohnya Gue mulu ya?) waktu Gue lagi ke rumah temen Gue buat latihan menari ngalor ngidul, duit Gue pas-pasan banget. Gue was-was, soalnya Gue belum pernah ke rumah temen Gue yang itu sebelumnya, udah mana rumahnya jauh dari rumah Gue, otomatis biaya angkotnya mahal. Gue cuma megang duit sekitar seribu rupiah. Huu.. sedih sekali. Waktu temen-temen Gue lagi pada jajan, Gue cuma diem ngeliatin mereka. Ada yang pada beli pop ice coklat, melon dan lain-lain (kasian ya, beli pop ice aja Gue nggak mampu), akhirnya Gue ambil aja agenda Gue di tas, Gue mau nulis jadwal acara TV kesukaan Gue. Pas Gue buka agenda Gue, ternyata Gue baru inget kalo Gue sering nyimpen duit di dompet yang ada di halaman belakang agenda dan tengdeng! ADA! Senangnya, Gue bisa ikutan jajan terus nggak was-was deh mikirin gimana caranya naik angkot tapi bayarnya setengah harga. Nah, itulah cerita pendek keuntungan dari menabung.
Satu lagi tips supaya kita bisa mengelola uang dengan baik sehingga kita bisa menabung walaupun hanya 20% dari uang jajan. Kita sebagai mahkluk ekonomi harus memilih-milih barang yang paling bagus tapi harganya murah. Kita nggak boleh asal beli barang tanpa memikirkan perbandingan harga barang dan fungsi dari barang itu sendiri. Kalo harga barangnya mahal tapi fungsinya sedikit, untuk apa kita beli. Misalnya kayak Gue, Gue suka banget sama yang namanya keripik singkong pedas. Di sekolah Gue jual, tuh keripik singkong pedas yang Gue suka, tapi harganya mahal banget, 1 kantong kecil 1500 rupiah, beuhh.. di warung paling cuma 1000 rupiah, mungkin ada yang 500 rupiah. So, untuk apa Gue beli, mendingan Gue beli yang lain aja, deh. Dari contoh diatas, mata kita yang tadinya tertutup akan pentingnya menabung dan berhemat pasti sudah terbuka.
Jadi, biasakanlah menabung dan berhemat. Demi masa depan kita. Menabung Pangkal Kaya, Berhemat Pangkal Kaya, Pelit juga Pangkal Kaya (pelit sama sesuatu yang mahal, tetapi nggak sebanding sama fungsi atau manfaatnya).

Sabtu, 04 April 2009

Kegiatan Wajib Seperempat Para Kaum Adam di Toilet

1 hal yang sangat Gue benci di dunia ini, cowok metroseksual. Cowok-cowok yang terlalu rapih, bersih, higienis dan tingkahnya nyerempet-nyerempet kayak cewek gitu, contohnya terlalu memperhatikan kesehatan kulitnya dari ujung jempol ampe ujung rambut dan lain-lain yang udah nggak layak dilakuin bagi kaum Adam di luar sana. Tapi, mengapa makin tahun makin modern dunia ini cowok-cowok metroseksual pun bertebaran dimana-mana. Sumpah bener deh, Gue tuh jijik ngeliat cowok-cowok yang pada pake lotion, sun block, dan krim-krim lainnya yang seharusnya dipake sama cewek. Belum lagi para cowok metroseksual itu selalu make parfum secara berlebihan, sampe wanginya nyanter kemane-mane dan yang paling Gue sebel itu kalo cowok udah lewat di depan kaca, mereka pasti langsung ngaca terus benerin rambut, ngaca lagi, benerin rambut lagi. Hiyaakss.. Seharusnya mereka itu lebih macho, leboh cowok gitu yang berani kotor-kotoran, berani item, berani kalo kulitnya rusak. Gue rasa dunia bentar lagi udah mau kiamat kali ya, cowok-cowok yang seharusnya macho malah jadi centil, perempuan, dandanan kayak cowok yang Gue kenal berinisial A. Si A ini sangat memperhatikan kesehatan kulitnya, dia selalu memakai lotion sehabis mandi, pakai sunblock sebelum berangkat sekolah, kalo ada jerawat satu aja di mukanya pasti dia langsung panik sepanik paniknya orang mau ngadepin UN, waktu itu dia pernah bilang ama Gue, "Kok kulit kamu kering, sih? Kayak aku dong nggak kering." Hwahahaha.. intinya yaa seperti itulah perkataannya. Setiap pagi kalo si A sampe di sekolah ia langsung berjalan ke tempat utama yaitu toilet, disana ia merapikan rambut, ngaca ampe mampus terus baru deh dia ke kelas. Wew! It's amazing, karena Gue aja sebagai perempuan yang selalu nyampe sekolah dengan keadaan rambut awut-awutan dan muka penuh debu nggak pernah tuh ke toilet cuma buat rapiin rambut dan buang-buang waktu buat berkaca lama-lama. Dan ternyata Gue baru sadar di sekolah Gue itu, nggak cuma si A yang selalu ke toilet setiap pagi, tetapi semua anak cowok yang Gue liat selalu ke toilet setiap mereka sampai di sekolah. Apa, sih kegiatan wajib mereka di toilet itu? Gue baru mendapat satu informasi tentang apa saja yang mereka lakukan di dalam toilet itu, ternyata, mereka hanya merapikan rambut, ngaca, kumur-kumur (Hah? Ngapain kumur-kumur pagi-pagi?), cuci muka. Haha.. Gue rasa mereka juga ngegosip kali ya di toilet. Well.. Buat para cowok di luar sana yang masih bau badan, jorok, kulitnya bersisik, item, jerawatan dan lainnya, pertahankan sikap kalian yang masih normal itu ya. Asahlah diri kalian agar mempunyai otak dan pikiran yang smart, bukan asah kulit, rambut, sama urusan fisik kalian biar tambah wangi dan mulus. Oke? Hidup Cowok Smart!